[WHV] 7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Setibanya di Australia

Setelah kurang lebih tiga minggu saya tinggal di Australia, tepatnya di Sydney, saya ingin membagikan apa saja yang saya perlu persiapkan di awal-awal kedatangan saya di sini sebagai pejuang Work and Holiday Visa (WHV)

Berikut 7 hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Mendaftar TFN (Tax File Number) via Online
    TFN menjadi hal wajib bagi setiap orang yang ingin bekerja di Australia. Hal ini dikarenakan pihak employer diwajibkan untuk memotong pajak penghasilan dari gaji kamu. Jika kamu tidak memiliki TFN, kamu mungkin membayar pajak lebih tinggi daripada yang seharusnya, atau tidak dapat mendapatkan tunjangan dari pemerintah yang seharusnya berhak kamu terima. Daftar TFN secara online di sini.
  2. Membuat rekening baru di Australia
    Banyak pilihan bank di Australia seperti ANZ, Commonwealth, Nab, Westpac, ING Direct, dsb. Pilihlah yang sesuai, dan baca baik-baik ketentuan masing-masing bank.
  3. Membeli kartu akses transportasi
    Opal untuk Sydney / New South Wales, myki untuk Melbourne / Victoria, Go Card untuk Brisbane / Queensland,  Metrocard untuk Adelaide / South Australia, SmartRider untuk Perth / Western Australia.
  4. Membeli SIM Card
    Tiga operator besar di Australia adalah Telstra, Optus, dan Vodafone. Pilihlah yang sesuai dan pertimbangkan juga harga paket yang ditawarkan dan kualitas sinyal serta coverage area. Kamu bisa membeli sim card baru via online dari masing-masing operator, atau datang ke SuperMarket terdekat seperti Coles, Aldi, Woolworths, dsb untuk mendapatkan SIM Card baru tersebut.
  5. Mencari lowongan pekerjaan
    Berapa situs lowongan pekerjaan yang tersedia di Australia bisa kamu baca di sini. Untuk yang baru pertama kali tiba di Australia, bersiaplah untuk menikmati pekerjaan casual di sini, sebuah pengalaman berharga yang sulit untuk kamu dapatkan di Indonesia.
  6. Mencari Komunitas
    Komunitas menjadi bagian yang cukup penting ketika kamu tinggal lama di negara luar. Yakinlah, setelah beberapa waktu kalian akan merasakan yang namanya homesick, tiba-tiba kangen akan keadaan di Indonesia. Namun lewat komunitas yang saling menguatkan dan membawa dampak positif untuk pengalaman hidupmu, yakin deh perasaan homesick atau feeling alone dapat kamu kurangi seminimal mungkin. Beberapa website seperti Meetup.com, Eventbrite, dan Facebook Groups, bisa kamu manfaatkan untuk mencari komunitas yang sesuai dengan minatmu.

    Sumber: https://loopdreamer.wordpress.com/

    Sumber:
    https://loopdreamer.wordpress.com/

  7. Menulis Holiday Bucket List
    Apa artinya Work and Holiday Visa jika kamu hanya fokus bekerja terus-menerus tanpa menyisihkan waktu untuk liburan? Kamu bisa merencanakan Holiday Bucket List versimu dengan cara yang kamu suka, bisa lewat tulisan tangan di buku, atau menggunakan aplikasi di smartphone milikmu seperti Wunderlist, Evernote, Google Keep, dan lain sebagainya.

    screen-shot-2016-12-04-at-14-36-26

    Bucket List versi saya menggunakan aplikasi Wunderlist

Catatan

Saya tidak memasukkan pencarian akomodasi, karena hal itu seharusnya sudah dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Referensi

http://www.australia.com/en/things-to-do/working-holiday-visa/5-ways-to-get-a-job-on-your-Australian-working-holiday.html

http://tanzamiloen.blogspot.com.au/2016/04/5-hal-yang-harus-dilakukan-pertama-kali.html

http://catperku.com/ke-australia-dengan-working-holiday-visa/

http://needucationgroup.blogspot.com.au/2016/04/keberangkatan.html

 

Sumber gambar:
http://www.irhamfaridh.com/2015/08/whv-bekerja-dan-berlibur-ke-australia.html

One thought on “[WHV] 7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Setibanya di Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *